Monday, July 20, 2020

Waspada Pada Bibir Bayi Hitam

Waspada Pada Bibir Bayi Hitam

Waspada Pada Bibir Bayi Hitam

Gwek Lai Ai - Bibir bayi hitam atau tampak berwarna biru keunguan umumnya disebabkan oleh kekurangan oksigen. Dalam istilah medis, kondisi bibir bayi yang tampak kehitaman ini disebut sianosis. Kondisi ini perlu diwaspadai karena sering kali menandakan adanya gangguan kesehatan serius pada bayi. 

Bibir bayi hitam atau kebiruan bisa disebabkan oleh paparan udara dingin. Udara dingin dapat membuat pembuluh darah menyempit sehingga menghambat pasokan udara ke bibir dan akhirnya membuat warna bibir bayi hitam atau kebiruan. Bayi yang kedinginan biasanya akan tampak menggigil, lemas, dan keringat dingin.

Biasanya, kondisi tersebut dapat diatasi dengan menghangatkan atau memijat bibir bayi dan warna bibir bayi akan berangsur normal. Namun, jika warna bibir bayi tidak juga membaik setelah dihangatkan atau bukan dipicu oleh paparan udara dingin, kondisi ini bisa jadi disebabkan oleh masalah kesehatan lainnya.

Ketika mengalami sianosis, bayi bisa mengalami bibir hitam dan beberapa gejala lain, seperti sesak napas, lemas, dan kurang mau menyusu atau tidak bisa menyusu sama sekali.

Jika Si Kecil terlihat mengalami tanda dan gejala tersebut tersebut, Bunda dan Ayah sebaiknya segera membawanya ke dokter.

Penyebab Bibir Bayi Hitam

Pada bayi berkulit putih, sianosis lebih jelas terlihat dengan warna kebiruan atau keunguan pada kulit. Sedangkan pada bayi berkulit agak gelap, bibir akan terlihat lebih gelap atau kehitaman.

Kondisi bibir bayi yang menjadi hitam akibat sianosis terjadi ketika pasokan oksigen di dalam tubuhnya berkurang. Kondisi ini bisa terjadi akibat berkurangnya hemoglobin di dalam tubuh bayi.

Hemoglobin adalah molekul yang memungkinkan sel darah merah untuk membawa oksigen. Ketika jumlah oksigen atau hemoglobin tercukupi, kulit akan berwarna cerah dan kemerahan. Akan tetapi, ketika jumlah oksigen atau hemoglobin dalam tubuh berkurang, kulit akan tampak berwarna kebiruan dan lebih gelap.

Pada bayi, kondisi tersebut bisa menyebabkan warna bibirnya berubah menjadi kehitaman, kebiruan, atau keunguan.

Bibir bayi hitam atau membiru dan terlihat lebih gelap merupakan kondisi klinis yang  umum ditemukan pada bayi baru lahir. Kondisi ini bisa dialami bayi setidaknya 5–10 menit setelah dilahirkan dan biasanya berlangsung selama 1–2 hari.

Namun, jika sianosis terjadi secara terus-menerus, kondisi ini perlu segera diperiksa oleh dokter. Pasalnya, kondisi tersebut bisa dikaitkan dengan beragam penyakit yang berpotensi mengancam jiwa, mulai dari penyakit jantung bawaan hingga infeksi paru, misalnya pneumonia, respiratory syntical virus (RSV), dan virus Corona.

Jenis-Jenis Sianosis dan Penyebabnya


Kondisi sianosis yang menyebabkan warna kulit, bibir, dan kuku menjadi kebiruan atau kehitaman terdiri dari dua kategori, yaitu:
Sianosis sentral

Sianosis sentral diakibatkan oleh rendahnya kadar oksigen di dalam darah. Kondisi ini bisa terjadi akibat kurangnya asupan oksigen atau adanya kondisi medis tertentu yang membuat tubuh tidak bisa mendistribusikan oksigen dengan baik.

Ada beberapa kondisi atau penyakit yang bisa menyebabkan bayi mengalami sianosis sentral, antara lain:
  • Penyakit jantung bawaan, misalnya tetralogi Fallot
  • Gangguan pada paru-paru, misalnya atresia paru, pneumonia, emboli paru, dan pembengkakan atau edema paru.
  • Asfiksia
  • Gangguan hemoglobin, misalnya methemoglobinemia.

Sianosis perifer

Jika pada sianosis sentral kekurangan oksigen disebabkan oleh rendahnya kadar oksigen yang terbawa dalam darah, pada sianosis perifer kekurangan oksigen disebabkan oleh buruknya sirkulasi darah.

Pada kondisi ini, ujung tangan dan kaki akan tampak membiru. Sianosis jenis ini biasanya bisa disebabkan oleh beberapa hal, yaitu:
  •     Dehidrasi berat
  •     Udara dingin
  •     Deep vein thrombosis (DVT)
  •     Syok, misalnya akibat hipovolemia, perdarahan, atau sepsis

Apa pun penyebab dan jenisnya, kondisi bibir bayi hitam merupakan masalah kesehatan yang perlu diperiksa dan ditangani oleh dokter. Jika tidak segera dideteksi dan ditangani oleh dokter, kondisi bibir bayi hitam akibat sianosis berpotensi menimbulkan komplikasi yang berbahaya.

Oleh karena itu, Bunda dan Ayah perlu waspada jika Si Kecil mengalami kondisi ini, terlebih jika ia menunjukkan gejala lain seperti sesak napas, lemas, kejang, kurang mau menyusu, atau jika tumbuh kembangnya bermasalah.

Apabila Si Kecil mengalami kondisi bibir hitam disertai berbagai gejala tersebut, segera bawa ia ke dokter anak agar penyebabnya dapat diketahui dan diberikan penanganan yang tepat.

Segera huhungi kami untuk informasi Jasa Gwek lai Ai Profesional dan Berpengalaman.bila anda sedang mempersiapkan masa Nifas bisa menghubugi kontak dibawah ini :
Ibu LINA
Hp/Sms                : 0813-760-22222
Wa                        : 0813-760-22222
Livechat               : gweklai.blogspot.com
FB                        : https://web.facebook.com/lina.englina.3 

1 comment:

  1. Kami menjual HEETS Sticks untuk Iqos dalam jumlah besar secara berkelanjutan
    Perusahaan "TOV STIKHITS COM" menjual tongkat tembakau HEETS grosir secara berkelanjutan! Tongkat tembakau tersedia untuk pasar Ukraina dengan cukai (7 selera), untuk pasar Kazakhstan tanpa cukai (7 rasa), untuk pasar Rusia tanpa cukai (11 selera).
    Berbagai rasa Stik Heets Iqos akan memuaskan setiap pelanggan:
    Heets Silver Selection – itu adalah campuran ringan dan sederhana dari rasa campuran tembakau pilihan.
    Heets Bronze Label – Campuran yang benar-benar baru, rasa tembakau secara halus berpadu dengan kakao dan buah kering.
    Sticks Purple Label – ini adalah kombinasi berani rasa yang tak terlupakan dan aroma yang kaya
    Stick tembakau untuk Heets для IQOS Amber Label – Ini adalah kombinasi menarik dari klasik ketat.
    Heets Green Zing – itu adalah aroma musim semi yang nyata.
    Heets Turquoise Label - Kombinasi not mentol pendingin.
    Heets untuk IQOS Yellow Label – Aroma tembakau yang dipilih dicampur dengan catatan pedas ringan.
    (baru) Heets Glaze Heets — lembut dan harum. Campuran halus rempah-rempah segar dan bumbu aromatik.
    (baru) Heets Noor Heets — hangat dan jeruk. Sebuah tembakau elegan dicampur dengan rasa gila hangat dan halus jeruk dan catatan buah.
    (baru) Heets Apricity Heets - kaya dan lembut. Tembakau dicampur dengan woody dan catatan buah manis.
    (baru) Yogen Heets — Catatan aromatik: bunga segar.
    Dan juga perangkat yang tersedia IQOS 3.0 multi - (4 warna) dan IQOS 3.0 duo (5 warna).
    Kami mengirim seluruh Ukraina dengan operator apa pun, kami juga mengirim dari Ukraina ke dekat dan jauh di luar negeri oleh perusahaan transportasi "DHL EXPRESS AVIA".
    Menulis ke Telegram - StickHeetsUkraine
    Kami menerima panggilan dan pesanan di Telegram +447384477840 Andrey,
    seluruh jangkauan stik.net.ua

    ReplyDelete