Sunday, June 28, 2020

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Gwek Lai Ai - Setelah berhasil melalui masa kehamilan dan melahirkan bayi, artinya sekarang Anda sudah berada di masa nifas. Bagi Anda yang baru pertama kali melahirkan atau sudah pernah melahirkan sebelumnya, masa nifas bisa menjadi waktu untuk memulihkan tubuh pasca persalinan. Penasaran sebenarnya apa saja yang terjadi selama waktu nifas ini? Mari simak ulasannya di sini.

Apa itu masa nifas?


Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Masa nifas adalah masa yang dihitung sejak seorang ibu melahirkan, hingga 6 minggu setelah. Dengan kata lain, masa nifas biasanya memakan waktu selama kurang lebih 42 hari setelah Anda melahirkan bayi.

Entah dengan metode melahirkan normal maupun operasi caesar. Selama dalam kurun waktu 6 minggu atau 42 hari pasca melahirkan ini, tubuh Anda mengalami berbagai perubahan.

Khususnya pada organ-organ yang berperan dalam masa kehamilan dan melahirkan, seperti rahim, leher rahim (serviks), dan vagina. Pada masa nifas ini, semua organ tersebut akan berangsur-angsur kembali seperti semula saat Anda belum hamil.

Tubuh masih mengeluarkan darah selama masa nifas

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Mulai sejak awal masa nifas, tubuh mengeluarkan darah melalui vagina yang disebut dengan lochia atau lokia. Ya, segera setelah proses kelahiran selesai, lokia berupa cairan berwarna merah gelap dan mayoritas terdiri dari darah akan keluar dari vagina.

Cairan ini disebut lochia rubra, dan biasanya berlangsung selama 1-3 hari. Setelah itu, cairan tersebut akan menjadi lebih encer dan berwarna merah muda disebut lochia serosa yang terjadi selama 3-10 hari sesudah proses kelahiran.

Masuk hari ke 10 sampai 14 pasca melahirkan, cairan yang keluar menjadi berwarna agak kekuningan hingga kecokelatan. Cairan ini dinamakan lochia alba.

Lokia terjadi karena rahim menyusut ke ukuran semula setelah melahirkan. Hal inilah yang kemudian menyebabkan munculnya perdarahan dari dalam tubuh dalam kurun waktu tertentu.Secara keseluruhan, jumlah dan lama waktu terjadinya perdarahan selama masa nifas bisa lebih banyak dan lama daripada saat menstruasi.

Akan tetapi, volume atau banyak darah yang keluar tersebut mungkin berbeda antara satu wanita dan lainnya. Ada yang tidak terlalu banyak dan wajar-wajar saja, tapi ada juga yang cukup banyak.

Lokia biasanya tidak memiliki bau menyengat dan keluar nyaris setiap hari selama 2-3 minggu pertama. Urutannya perubahan warnanya biasanya berkembang dari cairan berwarna merah tua, merah muda, lalu kecokelatan, menurut American Pregnancy Association.

Beberapa wanita bisa mengeluarkan lokia dalam jumlah stabil selama 6 minggu setelah melahirkan. Namun, beberapa lainnya bisa mengalami peningkatan volume lokia di hari ke 7 hingga hari ke 14 masa nifas.

Perbedaan masa nifas pada kelahiran normal dan caesar

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?


Sebenarnya, tidak ada perbedaan khusus antara perawatan masa nifas pada ibu yang melahirkan normal dan yang melahirkan melalui operasi caesar.Sedikit perbedaannya yakni terletak pada bekas luka operasi caesar yang tidak dimiliki jika Anda melahirkan normal melalui vagina

Bagi Anda yang melahirkan dengan operasi caesar, diperlukan perhatian khusus pada luka yang dihasilkan setelah operasi. Setelah melahirkan caesar, biasanya Anda akan merasakan sakit bahkan gatal-gatal pada bagian luka bekas operasi.

Menjaga luka tersebut agar tidak infeksi merupakan salah satu tindakan perawatan yang harus dilakukan selama masa nifas. Selebihnya, perubahan organ-organ ke bentuk semula hingga keluarnya lokia kurang lebih sama pada melahirkan normal dan operasi caesar.

Selain itu, vagina juga biasanya membutuhkan waktu untuk pulih kembali setelah melahirkan normal, seperti dijelaskan dalam Mayo Clinic. Pasalnya, saat melahirkan, bagian antara vagina mengalami peregangan guna memudahkan bayi saat keluar.

Bahkan, bagian perineum yakni area antara vagina dan dubur bisa ikut meregang dan robek. Hal ini yang sebaiknya dipulihkan selama masa nifas bagi Anda yang melahirkan dengan cara normal.

Tak lupa, Anda dianjurkan untuk mendapatkan istirahat yang cukup selama masa nifas. Memang, mungkin waktu Anda akan banyak tersita untuk merawat, menyusui, dan menjaga si kecil. Namun, Anda bisa mencuri-curi waktu istirahat selama bayi tidur.

Apa yang terjadi pada tubuh selama masa nifas?

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

 
Sama halnya seperti saat pertama kehamilan, ada banyak perubahan juga yang terjadi pada tubuh selama masa nifas. Berikut berbagai perubahan yang mungkin Anda alami saat masa nifas:

1. Rasa sakit pada payudara dan keluarnya ASI

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?


Beberapa hari setelah melahirkan dan selama masa nifas, payudara ibu mungkin terasa kencang dan bengkak. Jangan khawatir, Anda tetap bisa menyusui bayi atau memompa ASI untuk menghilangkan rasa tidak nyaman pada payudara.

Gunakan kompres hangat saat hendak menyusui dan ketika tidak menyusui, maupun kompres payudara dengan lap dingin.Jika rasa sakit tidak tertahankan, Anda bisa meminta saran dokter terkait penggunaan obat pereda rasa sakit yang aman dikonsumsi ibu menyusui di masa nifas.

2. Rasa tidak nyaman pada vagina

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?


Seperti yang telah disinggung sebelumnya, ibu yang melahirkan normal rentan mengalami robekan di bagian perineum atau antara vagina dan anus. Sebenarnya luka ini dapat sembuh, tapi lama waktu penyembuhannya tergantung pada tingkat keparahan robekan vagina tersebut.

Jika vagina masih terasa sakit dan menimbulkan rasa tidak nyaman saat duduk selama masa nifas, Anda dapat menggunakan bantal agar lebih nyaman.

3. Kontraksi

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Selama beberapa hari setelah melahirkan, Anda mungkin mengalami kontraksi. Tak perlu cemas, karena kondisi ini normal terjadi di masa nifas. Rasa kontraksi ini umumnya menyerupai kram atau nyeri perut saat menstruasi.

Kontraksi berfungsi untuk mencegah perdarahan berlebih selama masa nifas, dengan cara menekan pembuluh-pembuluh darah yang terdapat di rahim. Selain itu, kontraksi juga berperan dalam proses penyusutan rahim yang membesar selama kehamilan.

4. Kesulitan buang air kecil

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Pembengkakan dan luka pada jaringan di sekitar kandung kemih dan uretra dapat membuat Anda susah saat buang air kecil selama masa nifas. Kerusakan pada saraf dan otot yang terhubung pada kandung kemih atau uretra juga bisa menyebabkan Anda mengeluarkan urine tanpa sadar.

Misalnya ketika sedang tertawa, batuk, atau bersin. Kesulitan buang air kecil ini biasanya akan hilang dengan sendirinya. Anda bisa berlatih senam kegel untuk membantu menguatkan otot-otot pelvis dan membantu mengontrol refleks buang air kecil.

5. Keputihan

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?

Selain perdarahan berupa lokia, biasanya tubuh juga akan mengeluarkan cairan keputihan selama masa nifas. Kondisi ini dapat berlangsung selama sekitar 2-4 minggu setelah melahirkan atau selama masa nifas.

Keputihan merupakan cara alami tubuh untuk menghilangkan darah dan jaringan yang masih tersisa di dalam rahim.

6. Rambut rontok dan perubahan pada kulit

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?


Selama masa kehamilan, peningkatan beberapa jenis hormon dapat menyebabkan rambut mudah sekali rontok ketimbang biasanya. Namun terkadang, masalah rambut rontok ini juga bisa terus terjadi sampai Anda telah melahirkan dan berada di masa nifas.

Umumnya, rambut rontok ini akan berhenti dalam jangka waktu 6 bulan. Selain rambut, kehamilan juga memengaruhi kondisi kulit Anda di masa nifas.

Stretch mark yang muncul saat masa kehamilan tidak akan sepenuhnya hilang ketika masa nifas. Hanya saja, warna stretch mark biasanya akan semakin memudar dari merah keunguan hingga akhirnya menjadi putih.

7. Perubahan emosi

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Perubahan mood yang tiba-tiba, perasaan sedih, gugup, dan mudah marah mungkin Anda alami setelah melahirkan atau selama masa nifas. Tidak sedikit juga ibu yang baru melahirkan mengalami depresi, baik itu yang tergolong ringan hingga parah.

8. Penurunan berat badan
 Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Melahirkan biasanya membuat Anda kehilangan berat badan hingga kurang lebih 5 kilogram (kg). Hal ini termasuk berkurangnya berat badan bayi, air ketuban, dan plasenta.Selama masa nifas, ibu bisa kehilangan beberapa kilogram lagi yang terdiri dari cairan-cairan atau jaringan lain yang ikut keluar bersama lokia. Namun, ukuran tubuh setelah melahirkan mungkin tidak sepenuhnya kembali seperti sedia kala sebelum melahirkan.

Untuk menjaga berat badan tetap ideal setelah melahirkan dan selama masa nifas, Anda disarankan rutin menjaga pola makan yang sehat dan rajin berolahraga.

Apa saja yang harus diperhatikan selama masa nifas?

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Di samping memerhatikan kondisi dan perkembangan si kecil, penting juga untuk menjaga kesehatan tubuh Anda sendiri di masa nifas. Nah, berikut beberapa hal yang sebaiknya tidak luput dari perhatian selama Anda menjalani masa nifas:

Ibu yang baru melahirkan biasanya akan disibukkan dengan mengurus bayi, tetapi jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatan diri Anda sendiri. Jam tidur bayi yang tidak teratur akan menyebabkan jam tidur ibu juga menjadi tidak teratur. Cobalah untuk tidur ketika bayi Anda sedang tidur agar Anda tidak lemas karena kurang beristirahat.

Mintalah bantuan keluarga atau Jasa Gwek Lai Ai untuk mengurus bayi di beberapa minggu pertama setelah melahirkan karena pada saat ini kesehatan ibu belum pulih sepenuhnya.   Makan makanan bergizi untuk memenuhi kebutuhan gizi ibu dan juga bayi.    Penuhi kebutuhan cairan, karena Anda harus menyusui bayi di masa nifas.

Mintalah nasihat dokter terkait obat-obatan yang boleh dan tidak boleh diminum. Selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat tertentu di masa nifas sekaligus menyusui ini.

Jika ada kelainan yang terjadi di masa nifas, segera memeriksakan diri ke dokter. Misalnya tiba-tiba demam, perdarahan tidak berhenti, rasa sakit pada perut, dan sulit mengontrol pergerakan otot untuk buang air.

Komplikasi kesehatan masih mungkin terjadi selama masa nifas. Pemberian penanganan dan perawatan segera dapat membantu menyelamatkan nyawa ibu jika terjadi sesuatu.

Makan banyak protein selama masa nifas

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Makan ikan, telur dan aneka daging dipercaya bisa membuat jahitan sehabis melahirkan dengan operasi caesar maupun normal jadi basah terus. Jahitan yang katanya akan susah kering ini katanya bisa membuat ibu jadi susah beraktivitas. Benarkah demikian?

Faktanya, makan makanan yang kaya protein seperti ikan, telur dan daging boleh dimakan seusai melahirkan, bahkan di masa nifas.Ketiga makanan tersebut justru merupakan sumber makanan kaya protein yang baik untuk tubuh. Protein berperan penting untuk membentuk sel baru di dalam tubuh.
Sel baru inilah yang akan mempercepat proses penyembuhan luka jahit ibu sehabis melahirkan atau selama masa nifas. Jadi, hal tersebut hanyalah mitos atau larangan di masa nifas. Silakan makan makanan kaya protein di masa nifas untuk mempercepat proses penyembuhan.

Aktif bergerak selama masa nifas

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Masa nifas biasanya berlangsung kurang lebih selama 40 hari. Nah, selama itu pula ibu diharapkan bisa menggerakkan atau beraktivitas normal lagi secara bertahap.Pasalnya, kemungkinan ada beberapa aktivitas yang beberapa ibu tinggalkan saat hamil. Jadi, silakan beraktivitas kembali, baik di dalam ataupun di luar rumah, selama masa nifas.

Mulai dari hal kecil seperti berjalan-jalan pagi sambil menjemur bayi, berbincang dengan tetangga, dan lain hal yang membuat tubuh bergerak aktif dan terpapar sinar matahari.

Mungkinkah ibu mengalami depresi di masa nifas?

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Depresi tidak hanya berisiko mengintai ibu yang sedang hamil, tapi juga ibu yang telah melahirkan dan ada di masa nifas. Ini biasa disebut baby blues yang muncul pada minggu pertama hingga minggu kedua.

Jika lebih lama dari itu, tidak menutup kemungkinan ibu mengalami postpartum depression. Baik pada tahap baby blues ataupun postpartum depression, keduanya membutuhkan penanganan dari orang terdekat maupun tenaga kesehatan.

Depresi pasca melahirkan di masa nifas ini memang tidak dialami oleh setiap ibu. Namun, ketika depresi di masa nifas ini terjadi, gejala yang muncul bisa berbeda-beda antara ibu yang satu dan lainnya.

Gejala baby blues dan depresi postpartum

Kondisi yang Terjadi Pada Tubuh Ibu Selama Masa Nifas?
 
Berbagai gejala baby blues dan depresi pasca melahirkan di masa nifas bisa meliputi:
  •     Sering menangis tanpa sebab.
  •     Mudah marah.
  •     Susah tidur atau insomnia.
  •     Sedih berlarut-larut.
  •     Perubahan pada suasana hati.
  •     Merasa gelisah.
Intinya, baby blues biasanya terjadi setelah Anda melahirkan, bahkan di masa nifas ini. Perasaan sedih pasca melahirkan ini tidak membuat Anda sulit merawat bayi

Berbeda dengan baby blues, depresi postpartum merupakan kondisi ketika gejala baby blues berlangsung cukup lama, bahkan lebih dari 2 minggu dengan kondisi Anda sulit merawat si kecil. Selain itu, terdapat gejala tambahan berupa rasa bersalah dan tidak berharga pada diri sendiri, hingga kehilangan minat untuk beraktivitas.

Meski begitu, depresi pasca melahirkan sebenarnya bisa terjadi kapan saja dan tidak harus segera setelah melahirkan bayi. Bukan hanya di masa nifas, Anda masih memiliki kemungkinan untuk mengalami kondisi ini walaupun sudah satu tahun melahirkan.

Depresi pasca melahirkan di masa nifas tidak bisa diremehkan. Kondisi ini membutuhkan perawatan medis segera. Maka itu, tidak ada salahnya untuk mengonsultasikan apa pun kondisi yang Anda alami selama masa nifas dengan dokter.

Segera huhungi kami untuk informasi Jasa Gwek lai Ai Profesional dan Berpengalaman bila anda sedang mempersiapkan masa Nifas bisa menghubugi kontak dibawah ini :
Ibu LINA
Hp/Sms                : 0813-760-22222
Wa                        : 0813-760-22222
Livechat               : gweklai.blogspot.com
FB                        : https://web.facebook.com/lina.englina.3     

No comments:

Post a Comment